Summary Kurikulum Program Studi Teknik Informatika


Profil Lulusan Program Studi Teknik Informatika

No Profil Lulusan Deskripsi Kemampuan
1 Software Developer Personal yang memiliki kemampuan merancang dan mengembangkan perangkat lunak berbasis desktop, web, dan mobile serta menerapkan teknik atau metode kecerdasan buatan.
  1. Mampu mengembangkan perangkat lunak yang sesuai dengan metode pengembangan perangkat lunak yang baku
  2. Mampu merancang basis data yang akan digunakan dalam pengembangan perangkat lunak berdasarkan konsep umum pengembangan basis data
  3. Mampu merancang antarmuka perangkat lunak yang berpusat kepada kebutuhan pengguna
  4. Mampu memodelkan metode ke dalam bahasa pemrograman
  5. Mampu menulis kode program dalam pengembangan perangkat lunak berbasis struktural, Object Oriented Programming (OOP) , atau Framework
  6. Mampu melakukan pengujian terhadap perangkat lunak berdasarkan standar kualitas yang baku
  7. Mampu menganalisis perangkat lunak berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan
2 Multimedia Developer Personal yang memiliki kemampuan untuk merancang, mengimplementasikan, mengembangkan, menguji, menganalisa dan mengoperasikan perangkat multimedia dalam platform yang beragam (seperti simple computer, desktop, web dan mobile) sesuai dengan kebutuhan pengguna akhir.
  1. Mampu memahami konsep pengembangan produk multimedia seperti animasi, video, grafika, permainan, simulasi dan website.
  2. Mampu menjelaskan konsep pengembangan produk multimedia seperti animasi, video, grafika, permainan, simulasi dan website.
  3. Mampu merancang produk multimedia dengan memanfaatkan beragam teknik grafis.
  4. Mampu mengimplementasikan solusi permasalahan pengguna akhir dalam bentuk purwarupa dan produk multimedia.
  5. Mampu mengembangkan purwarupa dan produk multimedia pada platform multimedia yang sesuai dengan kebutuhan pengguna akhir dengan memanfaatkan teknologi multimedia terkini.
  6. Mampu menggunakan aplikasi pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras pada platform multimedia.
  7. Mampu melakukan pengujian dan analisa terhadap purwarupa dan produk multimedia yang dihasilkan, apakah sesuai dengan kebutuhan pengguna akhir.
3 IT Infrastructure Engineer Personal yang memiliki kemampuan merancang dan mengembangkan Infrastruktur dan Layanan Jaringan Komputer sampai pada skala Enterprise.
  1. Mampu mengembangkan dan mengoptimalkan pemanfaatan sistem operasi berbasis Open Source dan Enterprise
  2. Mampu merancang dan mengoptimalkan infrastruktur jaringan komputer berbasis kabel dan nirkabel
  3. Mampu membangun dan mengembangkan layanan-layanan pada jaringan komputer berbasis open source dan enterprise
  4. Mampu membangun dan mengembangkan layanan-layanan infrastruktur jaringan komputer pendukung layanan multimedia.
  5. Mampu membangun dan mengembangkan layanan infrastruktur berbasis virtualisasi dan cloud computing
  6. Mampu menbangun sistem keamanan infrastruktur jaringan pada jalur kabel dan nirkabel.
  7. Mampu mengelola layanan dan infrastuktur jaringan berbasis SOHO dan Provider.

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Teknik Informatika

No Komponen CP Kode Capaian Pembelajaran Lulusan
1 Sikap S
S01 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S02 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
S03 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S04 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S05 Mampu memilih sumber daya, memanfaatkan perangkat perancangan serta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang mengacu kepada metode dan standar industri.
S05 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S06 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S07 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S08 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S09 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S10 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
2 Keterampilan Umum KU
KU01 Kemampuan beradaptasi dalam masyarakat dan lingkungan kerja.
KU02 Kemampuan untuk bertindak dengan kompetensi teknis yang inovatif dalam penggunaan material Teknik Informatika.
KU03 Mampu menyajikan beberapa alternatif solusi dan membuat keputusan pilihan berdasarkan pertimbangan keilmuan Teknik Informatika.
KU04 Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam suatu tim kerja.
KU05 Kemampuan menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral,agama, etika dan tanggung jawab sosial.
KU06 Bertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
KU07 Komunikatif, estetis, etis, apresiatif, partisipatif
KU08 Memiliki pemahaman etika profesional dan kode etik seperti yang diterapkan dalam praktek Teknik Informatika.
KU09 Memiliki pemahaman etika akademik, memiliki pemahaman terhadap nilai-nilai keagamaan dalam masyarakat
KU10 Memahami peran sebagai warga negara dan mampu menggunakan bahasa nacional dan internasional dalam berkomunikasi.
3 Keterampilan Khusus KK
KK01 Mampu menerapkan matematika, statistik dan prinsip rekayasa ke dalam prosedur, proses sistem, atau metodologi rekayasa terapan untuk menyelesaikan masalah.
KK02 Mampu mengindentifikasi, memformulasikan dan melakukan penelusuran referensi, standar baku, pengkodean dan basis data.
KK03 Mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah rekayasa dengan menggunakan perangkat analisis untuk satu bidang spesialisasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan.
KK04 Mampu merancang, membangun dan memelihara proses, produk, purwarupa, infrastruktur dan layanan, yang memenuhi kebutuhan spesifik dengan pertimbangan tepat terhadap masalah, mengacu pada metode dan standar industri.
KK05 Mampu memilih sumber daya, memanfaatkan perangkat perancangan serta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang mengacu kepada metode dan standar industri.
KK06 Mampu meningkatkan kinerja dan mutu suatu proses melalui pengujian, pengukuran objek kerja, analisis, dan interpretasi data sesuai prosedur dan standar baku.
KK07 Mampu mengkombinasikan teknologi modern dalam melaksanakan pekerjaan.
KK08 Mampu berkomunikasi secara efektif sesuai dengan norma yang berlaku umum.
4 Pengetahuan P
P01 Mengkombinasikan konsep teoritis secara umum pada bidang matematika, statistik, prinsip-prinsip rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis, perancangan proses, produk, purwarupa, infrastruktur dan layanan.
P02 Memadukan prinsip dan teknik perancangan proses, produk, purwarupa, infrastruktur dan layanan menggunakan teknologi pada tataran terapan.
P03 Menggabungkan konsep teoritis teknologi rekayasa yang diperlukan pada satu bidang spesialisasi.
P04 Merancang penyelesaian masalah rekayasa berdasarkan pengetahuan tentang pengkodean dan standar baku.
P05 Menelaah prinsip dan isu terbaru serta terkini dalam hal perkembangan teknologi, ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, kultural,sosial, dan lingkungan secara umum.
P06 Menerapkan prinsip, tata kerja dan kegiatan kelas, laboratorium, serta pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Struktur Kurikulum

Rincian Kurikulum
# Semester Jumlah (Jam) Jumlah (SKS) Jumlah Mata Kuliah Teori vs Praktikum
1 Semester 1 30 24 10
2 Semester 2 30 22 10
3 Semester 3 34 24 12
4 Semester 4 32 19 11
5 Semester 5 34 22 11
6 Semester 6 40 6 1
7 Semester 7 30 20 10
8 Semester 8 26 12 4
Total 256 149 69

Semester 1

No Kode Nama Mata Kuliah Jenis SKS T SKS P Jam T Jam P
1 WK407 Bahasa Inggris 1 Teori 2 2
2 WU401 Agama Teori 2 2
3 TI401 Matematika Teori 2 2
4 TI403 Konsep Teknologi Informasi Teori 2 2
5 TI404 Algoritma dan Pemrograman Teori 4 4
6 TI405 Praktikum Algoritma dan Pemrograman Praktikum 2 4
7 TI406 Organisasi dan Arsitektur Komputer Teori 2 2
8 TI407 Bengkel Pengembangan Web Dasar Praktikum 2 4
9 TI415 Basis Data Dasar Teori 4 4
10 TI416 Praktikum Basis Data Dasar Praktikum 2 4
Total 18 6 18 12
Total 24 30

Semester 2

No Kode Nama Mata Kuliah Jenis SKS T SKS P Jam T Jam P
1 TI402 Aljabar Matriks Teori 2 2
2 WK408 Bahasa Inggris 2 Teori 2 2
3 TI410 Sistem Operasi Dasar Teori 2 2
4 TI411 Praktikum Sistem Operasi Praktikum 2 4
5 TI412 Pemrograman Berorientasi Objek Teori 4 4
6 TI417 Bengkel Pengembangan Web Lanjut Praktikum 2 4
7 TI418 Interaksi Manusia dan Komputer Teori 2 2
8 TI413 Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek Praktikum 2 4
9 TI421 Basis Data Lanjut Teori 2 2
10 TI422 Praktikum Basis Data Lanjut Praktikum 2 4
Total 14 8 14 16
Total 22 30

Semester 3

No Kode Nama Mata Kuliah Jenis SKS T SKS P Jam T Jam P
1 TI409 Matematika Diskrit Teori 2 2
2 WK409 Bahasa Inggris 3 Teori 2 2
3 TI419 Struktur Data Teori 2 2
4 TI420 Praktikum Struktur Data Praktikum 2 4
5 TI423 Rekayasa Perangkat Lunak Teori 2 2
6 TI424 Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak Praktikum 2 4
7 TI425 Bengkel Pemrograman Web 1 Praktikum 2 4
8 TI426 Jaringan Komputer Dasar Teori 2 2
9 TI427 Praktikum Jaringan Komputer Dasar Praktikum 2 4
10 TI428 Sistem Operasi Lanjut Teori 2 2
11 TI431 Bengkel Data Warehouse Praktikum 2 4
12 WU402 Pancasila Teori 2 2
Total 14 10 14 20
Total 24 34

Semester 4

No Kode Nama Mata Kuliah Jenis SKS T SKS P Jam T Jam P
1 WK410 Bahasa Inggris 4 Teori 2 2
2 WK402 Enabling Skill Praktikum 2 4
3 TI429 Jaringan Komputer Lanjut Teori 2 2
4 TI430 Praktikum Jaringan Komputer Lanjut Praktikum 2 4
5 TI433 Bengkel Aplikasi Dekstop Praktikum 2 4
6 TI434 Animasi Komputer 1 Praktikum 2 4
7 TI435 Kecerdasan Buatan Teori 2 2
8 TI436 Manajemen Proyek Teori 2 2
9 TI437 Praktikum Manajemen Proyek Praktikum 1 2
10 TI438 Bengkel Digital Video Editing Praktikum 1 3
11 TI442 Bengkel Pemrograman Framework Praktikum 1 3
Total 8 11 8 24
Total 19 32

Semester 5

No Kode Nama Mata Kuliah Jenis SKS T SKS P Jam T Jam P
1 TI408 Probabilitas dan Statistika Teori 2 2
2 WK401 Kapita Selekta Teori 2 2
3 TI439 Pemrograman Mobile Praktikum 2 4
4 TI440 Bengkel Pemrograman Web 2 Praktikum 2 4
5 TI441 Bengkel Sistem Informasi Geografis Praktikum 2 4
6 TI443 Animasi Komputer 2 Praktikum 2 4
7 TI444 Administrasi dan Keamanan Jaringan Komputer Teori 2 2
8 TI445 Praktikum Administrasi dan Keamanan Jaringan Komputer Praktikum 2 4
9 TI446 Pembelajaran Mesin Teori 2 2
10 TI447 Pengolahan Citra Digital Teori 2 2
11 TI448 Praktikum Pengolahan Citra Digital Praktikum 2 4
Total 10 12 10 24
Total 22 34

Semester 6

No Kode Nama Mata Kuliah Jenis SKS T SKS P Jam T Jam P
1 WK404 Kerja Praktik Praktikum 6 40
Total 0 6 0 40
Total 6 40

Semester 7

No Kode Nama Mata Kuliah Jenis SKS T SKS P Jam T Jam P
1 WU404 Bahasa Indonesia Teori 2 2
2 TI432 Kualitas dan Pengujian Perangkat Lunak Teori 2 2
3 WK405 Tugas Pendahuluan Proyek Akhir Praktikum 2 6
4 TI449 Pengembangan Permainan Praktikum 2 4
5 TI450 Perencanaan Strategis Teknologi Informasi Teori 2 2
6 TI451 Komputasi Awan Praktikum 2 4
7 TI452 Jaringan Multimedia Teori 2 2
8 TI453 Praktikum Jaringan Multimedia Praktikum 2 4
9 TI455 Etika Profesi Teori 2 2
10 TI456 Keamanan Data Teori 2 2
Total 12 8 12 18
Total 20 30

Semester 8

No Kode Nama Mata Kuliah Jenis SKS T SKS P Jam T Jam P
1 WU403 Kewarganegaraan Teori 2 2
2 WK403 Kewirausahaan Teori 2 2
3 WK406 Proyek Akhir Praktikum 6 20
4 TI454 Perancangan dan Optimasi Jaringan Komputer Teori 2 2
Total 6 6 6 20
Total 12 26